Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

February 11, 2017

Cara Isi Ulang Tinta Katrid PG 745

Sobat-sobat Pecinta Copas N Print, pada kesempatan kali ini, admin mau berbagi sebuah postingan label “ Printer ” dengan judul:

CARA ISI ULANG TINTA KATRID PG 745
(Untuk printer Canon MX497 dan sejenisnya)


Bagi Sobat-sobat Copas N Print yang mempunyai printer Canon MX 497 atau sejenisnya dan menggunakan katrid PG 745 sebagaimana gambar di samping, dan berkeinginan untuk mengisi ulang sendiri tinta katrid tersebut akan tetapi belum mengetahui cara refillnya maka ada baiknya Sobat membaca sampai tuntas postingan ini karena di bawah nanti admin akan memaparkan cara-caranya.

Cara pengisian ulang tinta katrid PG 745 (hitam) memang sedikit berbeda dengan cara pengisian ulang tinta katrid CL 746 (warna) atau PG 40 dan CL 41 sebagaimana diposting pada kesempatan terdahulu di bawah judul: Cara Isi Ulang Tinta Printer. Perbedaan yang sangat mencolok terutama pada kemasan atas tangkinya yg mempunyai sekat ke dalam sehingga menyulitkan pengguna pemula menemukan lubang pengisian tinta.

Lubang pengisian tinta pada katrid ini memang sangat tersembunyi di dalam sekat, tidak seperti katrid tipe lainnya. Oleh karena itu admin menandai posisi titik lubang pengisian dengan lingkaran biru dan menandai posisi titik bukan lubang pengisian dengan tanda silang merah. Silahkan Sobat perhatikan lagi gambar katrid di atas.

Oke, sekarang mari kita lanjutkan membaca postingan Cara Isi Ulang Tinta Katrid PG 745 ini dengan seksama:

1. Buka tutup depan printer ( pintu depan ).
2. Buka tutup dalam printer ( pintu ruang katrid ) sehingga katrid berjalan ke tengah.
3. Setelah katrid betul-betul diam, lepaskan katrid dengan cara menekan tepi wadahnya ke bawah sambil menarik ke luar.
4. Setelah katrid berhasil dikeluarkan, buka stikernya.
5. Temukan titik lubang pengisian tinta pada sekat bagian tengah sebagaimana disinggung di atas.
6. Tusuk dan lebari lubang katrid dengan jarum/pin yang dipanaskan. Kalau masih belum terasa tembus, tusuk lagi dan lagi sehingga lubang tersebut memungkinkan jarum suntikan tinta dapat masuk secara normal ( tidak terlalu span and tidak terlalu longgar ).
7. Isi katrid dengan tinta ± 5 cc ( ± ¼ botol tinta hitam ) pada lubang yang sudah dilebari tadi.
8. Lap tinta yang mungkin belepotan di sekitar lubang dan head katrid dengan tisu agar hasil print-out-nya bagus.
9. Pasang lagi stikernya. Kalau sudah rusak, boleh ditutup pakai lakban atau isolasi. Kalau tidak ada, dibiarkan terbuka tidak masalah. Asalkan tinta tidak terlalu penuh, tidak akan tumpah.
10. Masukkan lagi katrid ke tempat semula dengan cara mendorong ke depan perlahan-lahan sehingga terdengar bunyi beep.
11. Tutup ruang katrid sehingga terkunci lagi.
12. Selesai.

Setelah itu cobalah untuk meng-copy atau mem-print selembar dokumen dan lihatlah hasilnya. Apabila hasilnya bagus berarti cara pengisian tintanya sudah tepat dan tentu karena kondisi printernya masih normal. Tapi kalau ternyata hasil mem-print tadi kurang/tidak bagus, sangat dimungkinkan karena ada masalah pada cara pengisiannya atau pada katrid printernya sebagaimana di-share pada postingan dibawah judul: Cara Atasi Masalah Pada Hasil Print Out.

Demikianlah Cara Isi Ulang Tinta Katrid PG 745 pada postingan kali ini, buat Sobat-Sobat Copas N Print semuanya khususnya pengguna pemula. Oke, semoga dapat membantu, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.

Share:

2 comments:

  1. saya isi seperti itu kenapa bocor ke bawah ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan tintanya kebanyakan atau nusuknya kedalaman

      Delete

Tag Labels