Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

October 7, 2016

Cara Fotocopy KTP Bolak-Balik Pada Printer Canon MP287

Sobat-sobat Copas N Print sekalian, pada kesempatan kali ini, admin mau berbagi sebuah postingan label “Printer” berjudul: CARA FOTOCOPY KTP BOLAK-BALIK PADA PRINTER (menggunakan printer Canon MP 287 atau sejenisnya)


Sebagai penjabaran dari postingan sebelumnya yakni Cara Mem-foto Copy Pakai Printer Canon MP287, di sini akan dipaparkan secara detail bagaimana cara fotocopy bolak-balik depan-belakang KTP, SIM, Kartu ID, Kartu Pegawai, Kartu Karyawan, Kartu Pelajar atau semisalnya. Printer yg digunakan yaitu printer Canon MP287.

Cara fotocopy KTP bolak-balik depan-belakang memang berbeda dngn memfotocopy dokumen berukuran A4 atau F4 seperti ijazah maupun sertifikat. Oleh karena itu postingannya dipisah supaya lebih nyaman dibaca and dipraktekkan.

Memfotocopy bolak-balik depan-belakang kartu-kartu seukuran di atas memang diperlukan ketelitian lebih serta pengalaman cukup serta keseringan mencoba. Karena kalau tidak, maka hasil foto copy-annya akan bersebelahan atau tumpang tindih. Pada intinya yaitu gagal fotocopy. Maka bagaimana cara serta solusinya?

Di samping cara lain yang lebih profesional dan edukasional, mungkin cara di bawah inilah sebagai salah satu solusi jawabannya. Oke langsung saja, berikut ini adalah cara foto copy KTP bolak-balik depan-belakang menggunakan printer Canon MP287:

1. Nyalakan printer dengan mencolokkan kabel power printer ke listrik lalu menekan tombol "POWER"

2. Buka tutup (kap) paling atas pada printer, sebagaimana dipaparkan pada postingan sebelumnya.

3. Masukkan kertas kosong (kertas pencadangan) sesuai keperluan.

4. Buka tutup tengah (kap scanner/copier) pada printer

5. Letakkan KTP pada sisi kiri atas, hadapkan ke kiri, lalu fotocopy (sisi depan dihadapkan ke bawah), lalu tutup kapnya agar hasilnya bersih (tidak gelap).

6. Tekan tombol "BLACK" jika ingin memfoto copy hitam atau tekan "COLOUR" jika ingin memfoto copy warna.

7. Tunggu proses. (durasi foto copy hitam hanya dalam hitungan detik, tapi fotocopy warna bisa sampai hitungan menit, bergantung pada content ketajaman warna kartunya)

8. Masukkan lagi (kertas) hasil foto copy-annya, posisi halaman kosong di depan, dihadapkan ke bawah (bagian kertas yang sudah ada hasil foto copy-annya dimasukkan duluan)

9. Balik KTP aslinya (di dalam printer untuk proses foto copy sisi belakangnya), terus pindahkan letaknya pada sisi kiri bawah, hadapkan ke kiri, lalu foto copy lagi.

10. Selesai

Itulah sharing dari admin dengan judul Cara Foto Copy KTP Bolak-Balik Depan-Belakang menggunakan Printer Canon MP287, diposting pada Kategori Printer, semoga dapat membantu utamanya buat Sobat-sobat Copas N Print yg memerlukannya. Oke, sukses selalu menyertai kita semua. Amin, Terima kasih, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.
 
Baca Juga:
 
Cara Fotocopy Kanan-Kiri Di Printer Canon MP287. Cek Daftar Isi ya..


Share:

2 comments:

  1. Terima kasih banyak kak,, tutorialnya sangat membantu... tapi,, print yang kakak gunakan tidak bosa foto copy kertas f4 secara full.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Iya printer tipe itu mmg nggak bisa

    ReplyDelete

Tag Labels