Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

October 2, 2016

Cara Atasi Masalah Pada Hasil Print-Out

Sobat-Copas N Print, pada kesempatan nan baik ini, admin kembali share sebuah postingan dengan label “Printer” diberi judul:

CARA ATASI MASALAH PADA HASIL PRINT OUT 
(Support diterapkan pada printer Canon)


 
Hasil print out tidak selamanya memuaskan sebagaimana yang kita harapkan, lebih-lebih jika printer yang kita gunakan sudah usang dan jarang diservice. Maka masalah yang sangat mungkin ditemukan akan bermacam-macam, bergantung pada merek dan tipe printer tersebut. 

Untuk Sobat-Sobat Copas N Printyang menggunakan printer Canon dengn tipe yang berbeda-beda sekalipun, masalah yang akan ditemukan sangat dimungkinkan tidak akan jauh berbeda dengan 3 temuan masalah berikut beserta cara mengatasinya, sebaagaimana yang akan dipaparkan secara detail di bawah ini;

3 Temuan Masalah Print Out

1. Hasil print-out bergaris-garis.

2. Hasil print-out hanya seperti bercak ( huruf-hurufnya terpotong ).

3. Printer tidak mau mem-print dan lampu kuning berkedip-kedip.

Cara Atasi Masalah Print Out

1. Untuk mengatasi masalah nomor satu, cobalah lakukan pembersihan ( cleaning ) pada saat printer terkoneksi dengan computer dengan rute cara > buka dokumen arsip atau dokumen kosong sama saja > klik Office Button ( biasanya di pojok kiri atas pada Microsoft Office 97) > pilih Print > pilih Properties > pilih Maintances > pilih Cleaning > pilih Execute > tunggu dan lihat hasil print-outnya. Kalau sudah persis dengan gambar di layar berarti printer OKE, tapi kalau tidak, cobalah Deep Cleaning ( di bawah Cleaning ) dst. Kalau masih belum bisa, coba bersihkan secara manual siapa tahu ada kotoran/debu/bekas tinta yang menghalangi terutama di sekitar sensor katrid. Namun kalau masih belum bisa, cobalah ganti dengan katrid lain.

2. Untuk mengatasi masalah nomor dua, cobalah pompa tangki katrid melaui lubang pengisian tinta dengan menggunakan botol suntikan yang sudah kosong tanpa jarum. Lihatlah pengeluaran tintanya, kalau perlu cobalah cek keluaran tintanya dengan cara menempelkannya ke tisu dan coba pasang lagi. Kalau masih belum bisa juga, cobalah cara atas solusi masalah yang nomor tiga.

3. Untuk mengatasi masalah nomor tiga, cobalah rendam mulut semprot katrid ke air panas sekitar 5 detik ( usahakan jangan terlalu dalam agar air tidak mengenai sensornya ) lalu angkat dan keringkan, kemudian cobalah pasang lagi ke printer dan cobalah mem-print lagi. Kalau masih belum mau, cobalah tekan tombol reset sekitar 5 detik lalu lepaskan dan coba lagi. Kalau masih belum mau, cobalah cara yang nomor satu point terakhir atau memang saatnya Sobat punya katrid baru.

Setelah itu cobalah untuk mem-print selembar dokumen dan lihatlah hasilnya. Apabila hasilnya bagus berarti cara pengisian tintanya sudah tepat, cara atasi masalah katridnya solutif, dan tentu karena kondisi printernya masih normal. Tapi kalau ternyata hasil mem-print tadi kurang/tidak bagus, sangat dimungkinkan karena ada masalah lain pada komponen printernya, atau memang sudah saatnya Sobat punya printer baru.

Demikianlah Cara Atasi Masalah Pada Hasil Print Out ini, di-share untuk Sobat-Sobat Copas N Print semuanya, semoga dapat membantu. Oke, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels