Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

March 14, 2016

4 Cara Nge-cas HP-BB di Saat Listrik Padam

Sobat-sobat Copas N Print yang baik, pada kesempatan ini, admin kembali berbagi sebuah postingan label "HP, dengan judul:

4 CARA NGECAS HP/BB DI SAAT LISTRIK PADAM


Secara umum pemadaman listrik memang menyebalkan, entah itu di siang hari apalagi di malam hari. Namun demikian, keadaan seperti saat itu seakan pasti harus terjadi mengingat alat pembangkit listrik beserta instalasinya dari hulu ke hilir tidak mungkin tidak pernah mengalami keausan, kerusakan, perbaikan, ataupun penggantian. Keadaan itulah yang menuntut adanya pemadaman, baik sementara, berkala, bergilir, dsb.

Di saat pemadaman listrik seperti ini kita tidak bisa menggunakan alat-alat elektronik bertenaga listrik secara langsung karena sumber energinya menggunakan listrik. Kita juga tidak bisa menggunakan alat komunikasi berupa HP (handphone), BB (blackberry), atau smartphone and gadget semacamnya apabila baterainya sudah low atau habis terpakai.

Untuk mengantisipasi keadaan seperti ini, ada baiknya kalau kita mencoba salah satu alternatif dari 4 cara ngecas hp di saat mati lampu sebagaimana cara berikut ini. Oke, inilah 4 cara alternatif tersebut:

1. Menggunakan Genset

Sudah kita ketahui bahwa genset adalah merupakan mesin pembangkit listrik menggunakan bahan bakar minyak. Mesin ini dapat menghasilkan energi listrik sesuai kapasitasnya serta dapat digunakan di saat dan dimana perlu. Oleh karena itu, genset dapat difungsikan sebagai penghasil energi listrik alternatif di saat mati lampu.

Selanjutnya, kita tinggal menyalakan genset, menyambungkan ke charger, menghubungkan ke hp, menunggu proses pengisian. Selesai.

2. Menggunakan Power Bank

Power Bank adalah alat untuk menampung energi listrik, dimana energinya dapat ditransfer ke baterai HP atau BB atau gadget semisalnya. Ada banyak macam serta merek Power Bank dijual di counter-counter seluler di sekitar kita. Kita tinggal memilihnya sesuai keinginan atau kebutuhan kita.

Selanjutnya, kita charge Power Bank ( di saat nyala lampu ) lalu kita pergunakan untuk men-charge HP di saat mati lampu. Oh ya, Power Bank juga baik dibawa di saat kita bepergian untuk jaga-jaga lowbat pada HP ( Hand Phone) / BB (BlackBerry) kita.

3. Menggunakan Laptop

Laptop memiliki fungsi hampir sama dengan PC atau computer. Tapi laptop ternyata bisa dimanfaatkan untuk ngecas HP di saat padam lampu akan tetapi PC / Computer tidak. Dari segi fungsi memang hampir tidak ada ada beda. Namun perbedaan mencolok keduanya ternyata ada di sini, yakni laptop dapat menampung energi listrik pada saat disuplai atau di-charge ke soket PLN atau genset atau pembangkit lain, sedangkan computer tidak. Maka laptop dapat juga digunakan sebagai alternatif ngecas HP di saat pemadaman/mati lampu namun tidak untuk computer pada umumnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu menjaga ketersediaan daya ( stroom) baterai laptop (di saat nyala lampu) agar dapat dipergunakan sebagai charger di saat mati lampu.

Selanjutnya, kita tinggal menghubungkan HP atau BB kita ke USB laptop menggunakan kabel data atau kabel charge biasa, menunggu proses pengisian berjalan sehingga selesai.

4. Menggunakan Baterai Cadangan

Baterai cadangan maksudnya adalah baterai serep. Baterai ini mempunyai ciri-ciri ukuran, tipe, kapasitas serta fungsi sama persis seperti baterai bawaan HP atau BB. Baterai cadangan ini dapat di-charge terlebih dahulu melalui HP atau BB atau melalui charger external ( casan kodok atau casan duduk ) lalu diletakkan di tempat aman untuk digunakan sewaktu diperlukan, misalnya di saat ada pemadaman listrik.

Adapun cara menggunakannya sepertinya sudah tidak perlu dibahas di sini. Kita tinggal mencobanya.

Itulah sharing dari admin dengan judul 4 Cara Ngecas HP/BB Di Saat Mati Lampu / Pemadaman Listrik beserta cara-caranya untuk Sobat-Sobat Copas N Print semuanya. Semoga postingan ini dapat membantu. Oke, terima kasih, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels