Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

May 11, 2017

Cara & Guna Mengetahui Resolusi HP

Sobat-sobat Copas N Print sekalian, kali ini admin mau berbagi postingan dalam kategori 'HP (HandPhone)" diberi judul: 

CARA & GUNA MENGETAHUI RESOLUSI HP

Mungkin cara ini sudah diketahui oleh sebagian tapi belum diketahui oleh sebagian lainnya dari sobat-sobat Copas N Print pecinta & pengunjung blog ini. Mungkin juga cara ini hanya bisa diaplikasikan pada Hand phone (HP) tertentu saja tapi tidak pada HP lain. Dan mungkin juga cara ini hanya sebagai alternatif dari cara lain untuk mengetahui resolusi HP.

Maka, kemungkinan nantinya cara lain tersebut akan ditambahkan ke postingan ini demi untuk kesempurnannya. Namun pastinya, cara ini sudah ada di hadapan kita. So, keep reading it. Oke, ini dia caranya;

1. Buka menu HP lalu pilih Kamera

2. Pilih Pengaturan Kamera

3. Pilih Ukuran Gambar

4. Pilih Ukuran Layar Dasar ( Istilah Layar Dasar dipergunakan pada HP tertentu saja. Pada HP lainnya ada yang meng-istilahkan Ukuran Standar, Ukuran Layar Penuh, dll.)

5. Bidikkan Kamera ke objek apa saja

6. Setelah file tersimpan, buka di tempat penyimpanannya

7. Pilih Pilihan, lalu 

8. Lihat rinciannya

9. Temukan resolusinya

Itulah resolusi HPnya. Dalam rincian itu akan diuraikan keterangan gambar, termasuk berapa resolusi gambar file hasil bidikan kamera tersebut. Hal ini bisa dijadikan cara mengetahui resolusi layar HP Sobat.

Tapi sekali lagi ini hanya alternatif cara, sekaligus hanya bisa diaplikasikan pada HP tertentu saja. Selanjutnya, silahkan Sobat meng-uji coba HP di sekitar Sobat kemudian jika berkenan, silahkan share di kolom komentar. Hasil uji coba Sobat tentu sangat berarti bagi admin dan pengunjung blog Copas N Print ini.

Adapun kegunaan mengetahui resolusi HP yaitu:

1. Akan mudah mendapatkan wallpaper atau screensaver yang pas ukurannya dengan layar HP ( tidak kebesaran, tidak kekecilan serta tidak ada bagian yg tidak tampil di layar ). Seperti misalnya mau cari di internet, Sobat tinggal ketikkan "wallpaler 480x800", “animasi resolusi 240x320” atau “screensaver 120x220” dll. Maka sebentar kemudian akan bermunculan gambar walllaper atau screensaver atau animasi sesuai dgn resolusi yg diinginkan.

2. Foto hasil kamera HP menggunakan pengaturan di atas dapat langsung dijadikan wallpaper atau screensaver yang pas ukurannya di layar HP ( tidak kebesaran, tidak kekecilan, juga tidak ada bagian yg tak tampil di layar ).

Namun demikian, kelemahan menggunakan pengaturan kamera seperti di atas yaitu apabila foto hasil dari pengaturan tadi ingin dicetak dengan ukuran lebih besar maka hasil cetakan fotonya kurang bagus. Ini berarti apabila kita menginginkan foto itu dicetak dengan ukuran besar maka pengaturan ukuran gambar di kamera harus diubah ke ukuran besar juga. Karena ukuran gambar foto serta resolusi paling besar itulah yang paling bagus hasil cetakannya.

Tambahan:

Untuk mengetahui resolusi HP Android, dapat dilakukan dengan cara mengambil screenshot objek apa saja yg tampil di layar kemudian lihat rinciannya termasuk resolusinya.

Cara mengambil screenshot yaitu dgn menekan tombol power dan menu secara bersamaan atau dgn cara yg sesuai settingan HP / aplikasi pihak ketiga. ( di-update pada tanggal 5 Desember 2017 )

Demikian postingan kali ini dengan kategori "HandPhone", dengan judul: Cara Mengetahui Resolusi HP. Oke, semoga bermanfa’at serta dapat membantu khususnya buat sobat-sobat Copas N Print yang memerlukannya. Oke, trima kasih, and sampai jumpa di kesempatan lainnya. Bye Bye.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels