Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

May 11, 2017

Cara Atasi Masalah Memori HP V-Gen Terkunci

Sobat-sobat Copas N Print , pada kesempatan baik ini, admin mau berbagi sebuah postingan dengan label “ Aksesoris” dengan judul:

CARA MENANGANI MASALAH MEMORI HP V-GEN YANG TERKUNCI


Ibarat manusia, memori adalah otaknya HP (hand phone) atau gadget, atau kamera digital. Tanpa memori, hp/kamera tidak dapat merekam audio ataupun video; tanpa memori, hp tidak dapat menyimpan file gambar ataupun foto. Oleh karena itu keberadaannya sangat dipentingkan dalam berbagai maksud dan tujuan, sementara keberfungsiannya tetap tak boleh dilewatkan. 

Namun demikian, sebagus apapun memori, di suatu saat nanti pasti akan mengalami error atau disfungsi atau bahkan rusak. Maka dalam kesempatan ini admin akan berbagi cara bagaimana menangani masalah memori v-gen khususnya kalau eror karena terkunci.

Bermula dari pengalaman admin yang sedikit mengernyitkan dahi, yakni memori micro sd untuk kamera ternyata mengalami disfungsi. Waktu itu Admin mau memindahkan foto-foto di kamera ke laptop namun selalu gagal. Akhirnya Admin berinisiatif untuk men-scan atau mem-format. Namun hasilnya adalah sama: “ WARNING: Formatting will erase ALL data on the disk. dst. ” Begitu juga seterusnya hanya bolak-balik seperti itu, belum sama sekali menunjukkan tanda-tanda bahwa format memori berhasil. Malah tampak di layar laptop sebuah pesan seperti gambar:



Kemudian admin coba lagi copy-paste-kan salah satu file video ke salah satu drive di laptop, namun ternyata di layar laptop mucul pesan: “The disk is write-protected”. dst. Setiap kali file itu di-paste-kan, maka selalu saja muncul pesan itu, bukan menunjukkan bahwa file berhasil di-copy.
Kendati demikian, admin tetap yakin bahwa laptop biasanya "berkata jujur". Kalau laptop mengatakan disk/memorinya bermasalah ya memang memorinya perlu diperbaiki. Tapi terus terang, sampai tahapan ini admin masih belum menemukan kepastian solusinya.

Kemudian admin coba lagi memasangkannya ke kamera, tapi tetap muncul pesan seperti sebelumnya, yakni sebuah pesan: “Kartu memori terkunci. Periksa tanda.”


Akhirnya memori itu admin lepas lagi dengan maksud untuk dip*t*hkan. Namun ternyata disitu terlihat ada seperti kutil kecil, kelihatannya bisa digeser. Posisinya pas di sisi kirinya. Admin mengira-ngira itu adalah seklar. Maka digeserlah sesuatu yang dimungkinkan seklar itu ke arah atas lalu dipasangkan ke kamera. Ternyata di kamera tidak muncul pesan seperti di atas itu lagi.

Dengan demikian admin yakin bahwa sesuatu itu memang seklar untuk me-lock and unlock micro sd itu, tepat seperti tampak nyata terlihat pada labelnya, tapi admin tidak menyadarinya. Huuu!

Oke, untuk sobat Copas N Print yg mungkin sedang mengalami hal serupa, atau supaya tidak mengalaminya di kemudian hari, silahkan dilihat perbandingannya sebagaimana gambar berikut.



Demikian cara membuka kunci atau mengunci memori v-gen yang ternyata sangat mudah namun hampir membuat admin marah. Tapi sukurlah sekarang tidak lagi karena memorinya udah normal lagi. 

Itulah sharing dari admin buat Sobat-Sobat Copas N Print semuanya, semoga dapat membantu menangani masalah memori baik untuk dipakai di kamera maupun di HP (Hand Phone). Oke, terima kasih, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels