Berbagi Cara Penggunaan Computer Printer HP dan Aksesoris

copasNprint.blogspot.com

May 11, 2017

Cara Membuat Lampu Darurat Tenaga Laptop

Pecinta Copas N Print , pada kesempatan yang baik ini, admin kembali share sebuah postingan dengan label “ Computer ” diberi judul:

CARA MEMBUAT LAMPU DARURAT TENAGA LAPTOP

 

Lampu darurat atau dikenal dengan emergency lamp sering diperlukan di saat mati lampu atau pemadaman listrik atau di saat mau mencari sesuatu di tempat gelap. Jenis dan merek lampu ini sudah banyak beredar di pasaran dari yang berukuran kecil hingga besar dan dari yang murah sampai yang mahal. Sistem pemasarannya juga bermacam-macam dari yang dipajang di etalase toko elektronik sampai yang dijajakan secara door to door dan dari yang kredit sampai yang kontan. 

Hal ini menandakan bahwa lampu ini memang sangat penting dimiliki, minimal satu buah lampu di setiap rumah untuk dipergunakan di saat darurat. Akan tetapi bagaimana kalau ternyata lampu yang kita miliki satu-satunya ternyata rusak dan belum sempat beli yang baru? Atau sudah ada yang baru tapi yang rusak masih nganggur?

Oke, sambil mencari jawaban pertanyaan di atas, di sini admin akan membagikan cara membuat lampu darurat yang betul-betul darurat akan tetapi sangat berguna terutama di saat tiba-tiba mati lampu atau ada pemadaman listrik dan tidak ada genset ataupun sumber daya listrik alternatif. Sedangkan lampu emergency yang ada pun sudah ngedrop dan tak mempan dicas. Sementara lampu yang baru kita beli katanya mau dibawa anak-anak belajar kelompok. Untungnya masih tersisa laptop dengan indikasi daya baterai 77%. Wow!

Menghadapi situasi seperti ini, ditambah pekerjaan yang sedang menumpuk, kita tetap tak boleh larut dalam kejengkelan dan keputus asaan. Akan tetapi alangkah baiknya kalau kita menerapkan cara membuat lampu darurat tenaga laptop sebagaimana yang akan dipaparkan nanti.

Sebelum membuat atau merakit, bahan yang perlu disiapkan di antaranya:
. Lampu emergency rusak (asal lampu LEDnya masih baik )
. Obeng (ukuran sesuai baut casing lampu)
. Soket USB charger HP bekas atau kabel data tak terpakai

Kemudian istilah yang digunakan di antaranya sebagaimana tertera pada gambar ini:


Adapun caranya sebagaimana berikut ini:

1. Lepaskan baut-baut casing pada lampu
2. Buka casing dengan hati-hati
3. Cari kabel min dan plus yang terhubung ke kaki lampu LED dan abaikan kabel lainnya
4. Ambil (soket) USB bekas charger HP berikut kabelnya lalu potong ujungnya (buang soket ke HP)
5. Sambungkan kabel warna hitam pada USB ke kabel/kaki min pada lampu LED, sedangkan kabel warna merah ke kabel/kaki plus
6. Abaikan kabel warna hijau dan kuning pada kabel USB
7. Rapikan sambungan agar tidak terjadi korsleting
8. Tutup casing lampu emergency dan pasang kembali baut-bautnya
9. Hubungkan soket USB ke port USB laptop
10. Selesai

Oke, selamat menikmati terangnya lampu darurat menggunakan daya laptop. Dan selamat melanjutkan pekerjaan.

Tambahan: 
. Untuk merapikan sambungan atau rangkaian, sebaiknya pergunakan solder ( apabila listrik sudah menyala )
. Untuk mempermudah pemakaian, Sobat bisa menambahkan seklar
. Untuk menghemat daya baterai laptop, sebaiknya pergunakan lampu LED secukupnya ( jangan sambungkan semuanya atau kalau perlu pakai resistor yang sesuai )
. Lampu LED yang mungkin tersisa, dapat dipergunakan sebagai lampu darurat kedua dst., dirangkai secara paralel
. Untuk peng-casing-an lampu darurat kedua dst., sobat bisa memodifnya sendiri
. Lampu darurat ini juga bisa menggunakan daya power bank atau baterai HP ( handphone ) atau baterai kamera digital atau 2 buah baterai jam dinding/remot dirangkai seri, atau baterai lain dengan daya antara 3 sampai 4 volt (sesuai dengan jumlah dan tegangan lampu LED yang digunakan).

Itulah sharing dari admin dengan judul Cara Membuat Lampu Darurat Tenaga Laptop pada Label *Computer" untuk Sobat-Sobat Copas N Print semuanya, semoga dapat membantu. Oke, terima kasih dan sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels